Contoh Relasi Antar Tabel (aplikasi penjualan)

RELASI ANTAR TABEL (APLIKASI PENJUALAN)




Penjelasan Relasi Tabel:

  • Tabel Grup dengan tabel Produk memiliki relasi one to many, artinya setiap grup dapat memiliki lebih dari satu produk. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Grup, dimana di dalam tabel Grup sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Produk memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Produk dengan tabel Barang memiliki relasi one to many, artinya setiap produk dapat memiliki lebih dari satu macam barang. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Produk, dimana di dalam tabel Produk sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Barang memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Barang dengan tabel Penjualan_Detail memiliki relasi one to many, artinya setiap barang dapat dijual lebih dari satu kali. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Barang, dimana di dalam tabel Barang sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Penjualan_Detail memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Barang dengan tabel Pemesanan_Detail memiliki relasi one to many, artinya setiap barang dapat dibeli lebih dari satu kali dari pemasok. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Barang, dimana di dalam tabel Barang sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Pemesanan_Detail memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pemesanan dengan tabel Pemesanan_Detail memiliki relasi one to many, artinya setiap transaksi Pemesanan barang dapat memiliki lebih dari satu detail transaksi Pemesanan. Field penghubung antar tabelnya adalah No_Nota_Pesan, dimana di dalam tabel Pemesanan sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Pemesanan_Detail memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pembelian dengan tabel Pemsanan memiliki relasi one to one, artinya setiap transaksi pemesanan barang hanya memiliki satu transaksi pembelian. Field penghubung antar tabelnya adalah No_Nota_Pesan, dimana di dalam tabel Pemesanan sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Pembelian memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Penjualan dengan tabel Penjualan_Detail memiliki relasi one to many, artinya setiap transaksi penjualan barang dapat memiliki lebih dari satu detail penjualan. Field penghubunng antar tabelnya adalah No_Nota, dimana di dalam tabel Penjualan sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Penjualan_Detail memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pemasok dengan tabel Pemesanan memiliki relasi one to many, artinya setiap pemasok dapat memiliki lebih dari satu transaksi Pemesanan barang. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Pemasok, dimana di dalam tabel Pemasok sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Pemesanan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pelanggan dengan tabel Penjualan memiliki relasi one to many, artinya setiap pelanggan dapat memiliki labih dari satu transaksi penjualan barang. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Pelanggan, dimana di dalam tabel Pelanggan sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Penjualan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Barang dengan tabel Retur_Pemesanan memiliki relasi one to many, artinya setiap barang dapat dilakukan retur kepada pemasok lebih dari satu kali. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Barang, dimana di dalam tabel Barang sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Pemesanan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Barang dengan tabel Retur_Penjualan memiliki relasi one to many, artinya setiap barang dapat dilakukan retur oleh pelanggan lebih dari satu kali. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Barang, dimana di dalam tabel Barang sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Penjualan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pemasok dengan tabel Retur_Pemesanan memiliki relasi one to many, artinya pihak toko dapat melakukan lebih dari satu kali pengembalian (retur) barang kepada pemasok. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Pemasok, dimana di dalam tabel Pemasok sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Pemesanan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pelanggan dengan tabel Retur_Penjualan memiliki relasi one to many, artinya pelanggan dapat melakukan lebih dari satu kali pengembalian (retur) barang kepada toko. Field penghubung antar tabelnya adalah Kode_Pelanggan, dimana di dalam tabel Pelanggan sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Penjualan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pengguna dengan tabel Pemesanan memiliki relasi one to many, artinya setiap pengguna dapat melakukan lebih dari satu kali transaksi Pemesanan. Field penghubung antar tabelnya adalah UserID, dimana di dalam tabel Pengguna sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Pemesanan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pengguna dengan tabel Penjualan memiliki relasi one to many, artinya setiap pengguna dapat melakukan lebih dari satu kali transaksi penjualan. Field penghubung antar tabelnya adalah UserID, dimana di dalam tabel Pengguna sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Penjualan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pengguna dengan tabel Retur_Pemesanan memiliki relasi one to many, artinya setiap penggua dapat melakukan lebih dari satu kali transaksi retur Pemesanan. Field penghubung antar tabelnya adalah UserID, dimana di dalam tabel Pengguna sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Pemesanan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).
  • Tabel Pengguna dengan tabel Retur_Penjualan memiliki relasi one to many, artinya setiap pengguna dapat melakukan lebih dari satu kali transaksi retur penjualan. Field penghubung antar tabelnya adalah UserID, dimana di dalam tabel Pengguna sebagai kunci utama (primary key) dan di dalam tabel Retur_Penjualan memiliki posisi sebagai kunci tamu (foreign key).

Posted on 1:32 PM by Indah Indriyanna and filed under | 9 Comments »

9 komentar:

Anonymous said... @ April 1, 2010 at 9:51 AM

thanks...

AFit said... @ June 25, 2011 at 8:37 AM

wah ni sangat membantu tugas2 kuliah saya. terimakasih ya.. kunjungi balik blog saya ya http://www.infonafcom.co.cc

defrian said... @ July 28, 2012 at 10:55 PM

terima kasih ilmunya sangat bermanfaat..

Fadly kucluk said... @ May 13, 2013 at 8:28 AM

makasihh,,ini sngat bermanfaat....:)

Anonymous said... @ June 20, 2013 at 1:38 PM

program real dari relasi tabel" diatas ada gak ya?

Anonymous said... @ September 19, 2013 at 10:31 PM

type data nya bisa di sebutkan ga ya?trims

heru nurcahyo said... @ December 19, 2013 at 8:05 PM

terima kasih gan. . . .

Arjen Dhany said... @ March 26, 2014 at 9:17 AM

makasih gan ilmunya.
^_^

lovewriting said... @ September 15, 2014 at 1:49 AM

ini pake aplikasi apa ya? ada yang tau ??

Post a Comment

Kalo mau komentar harus sopan yach..!